Iklan

REDAKSI
24 Februari, 2022, Februari 24, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-01T20:32:10Z
Artikel Headline

Dorong Booster, Kapolda Sumut Minta Maksimalkan Vaksinasi Lansia

Fhoto : Kapolda Sumut Irjen Pol.RZ Panca Putra Simanjutak

INDOKOMNEWSTV.COM | Kapolda Sumut Irjen Pol.  RZ Panca Putra meminta jajaran TNI-Polri, Forkopimda dan semua pihak terkait untuk memaksimalkan percepatan vaksinasi booster, khususnya bagi lansia.

Demikian disampaikan Kapolda Sumut saat meninjau pelaksanaan serentak vaksinasi yang digelar di Gedung Astaka, GOR Pancing Medan, Rabu (23/02/2022).

Kapolda Sumut mengatakan, pemerintah pusat telah diinstruksikan untuk mengintensifkan pelaksanaan vaksinasi, khususnya bagi lansia sebagai salah satu langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi untuk lansia,harus didorong maksimal. Sesuai surat edaran Kemenkes, mereka yang sudah bisa menerapkan vaksin booster III selama 3 bulan,” katanya.

Panca mengatakan vaksinasi booster bagi orang yang sudah lanjut usia dan memiliki penyakit penyerta harus diintensifkan dengan harapan memiliki kekebalan yang lebih kuat dari paparan Covid-19.

“Karena dari data yang rentan terpapar adalah lansia dengan penyakit penyerta atau yang vaksinnya belum lengkap. Untuk itu kita harus mengejar dosis ketiga,” kata Panca.

Menurut Panca, vaksinasi merupakan upaya penting untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya varian Omicron.  Untuk itu, diharapkan pencapaian dosis vaksin II pada Mei sudah mencapai 70 persen

“Melakukan pendataan dan pemetaan bagi lansia yang belum divaksinasi baik dosis I maupun dosis II. Turun ke lapangan bila perlu, lakukan door to door vaksinasi,” ujarnya.

Selain itu, Panca juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan terutama penggunaan masker karena merupakan salah satu cara menekan penyebaran Covid-19.

“Protokol kesehatan harus ketat. Jangan gegabah dan fokus mengimbau masyarakat. Terutama dalam hal memakai masker,” pungkasnya.**

    (Leodepari)