Iklan

REDAKSI
27 Oktober, 2021, Oktober 27, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-27T12:38:09Z
Daerah

Bayar PKB di Mini Market,Gubsu : Harapkan Peningkatan Pembayar Pajak Hingga 70%

MEDAN,INDOKOMNEWSTV.Com Saat ini masyarakat yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Sumatera Utara baru mencapai 45%. Dengan hadirnya e-Samsat Sumut Bermartabat diharapkan dapat meningkatkan pembayaran PKB hingga 70%.

Fhoto : Gubsu Edy Rahmayadi diampingi Plt. Sekdaprovsu Afifi Lubis, dan Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni, menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumut Achmad Fadly, Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan, dan Direktur Jenderal Polisi Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, saat peluncuran E-Samsat Sumut Bermartabat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman 41, Rabu ( 27/10/2021).

Demikian disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat Grand Launching e-Samsat Sumut Bermartabat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah dinas Kantor Gubernur Jl Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (27/10/2021).

"E-Samsat memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor" ujarnya.

Saat soft launching Januari lalu, pembayaran hanya bisa dilakukan di ATM. Namun kini pembayaran bisa dilakukan di mini market, e-banking dan media pembayaran lainnya, sesuai keinginan masyarakat. Tentunya hal ini akan memudahkan masyarakat yang ingin membayar PKB.

Selain itu, Edy Rahmayadi meminta masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor disiplin dalam membayar PKB.

Pihaknya juga akan terus mendukung instansi yang berkomitmen terhadap inovasi dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Dengan semakin banyak masyarakat yang membayar pajak, menurut Edy, akan semakin banyak pula pembangunan yang dilakukan. Sehingga Sumut akan maju dan diakui.

“Aplikasi yang memudahkan, dari sisi pajak (Kemenkeu) oke, dari Polda Sumut oke, dari Pemerintah Provinsi (Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah) oke juga, artinya gampang kan. 

Itu (masyarakat yang bayar PKB) ) juga tidak bisa bertambah, apa yang bisa kita lakukan, kita akan lakukan (mengumpulkan PKB) dengan tegas," kata Edy.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda mengatakan, inovasi E-Samsat Sumut Bermartabat merupakan upaya untuk menyesuaikan sistem pembayaran PKB dengan kemajuan teknologi dan harapan masyarakat.

Telah dikembangkan aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat yang memberikan kemudahan dengan memberikan pilihan beberapa media pembayaran.

"Hal ini juga sesuai dengan harapan Gubernur agar masyarakat bisa membayar pajak hanya dengan handphone saja, tanpa harus datang ke kantor pelayanan Samsat," ujar Valentino.**(Irwan Ginting)