Iklan

REDAKSI
14 Oktober, 2021, Oktober 14, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-14T08:18:44Z
Nasional

Dua Orang Simpatisan KSTP menyerahkan Diri Ke TNI

INDOKOMNEWSTV.Com Dua orang Separatis Kelompok Teroris Papua (KSTP) Pimpinan Fernando Warobai dari Distrik Kabupaten Angkaisera dan distrik Teluk Ampimoi, Kepulauan Yapen, menyerahkan diri kepada aparat TNI di Kodim Yawa 1709.

Penyerahan diri tersebut langsung diterima oleh Danrem 173/ PBV Bridjen TNI Iwan Setiawan, SE,MM dan Dandim 1709/ Yawa Letkol Inf.Leon Pangaribuan SH pada hari Rabu (13/10/2021) ,seperti Dilangsir dilaman instagram@papua_talk.

Kembalinya EM dan EJ ke Negara Kesatuan Republik Indonesia disertai dengan penyerahan Empat Senjata laras panjang non organik dan 2 senjata laras pendek nonorganik dengan amunisi 97 butir berbagai kaliber atribut seperti Bendera Bintang Kejora dan beberapa dokumen dari Organisasi Papua Merdeka

Dalam keterangannya, Danrem Iwan Setiawan mengungkapkan, kedua orang simpatisan yang menyerahkan senjata api itu tergerak setelah melihat keseriusan Pemerintah Indonesia dalam membangun Papua.

Selain itu, ditambah pelaksanaan PON yang sangat besar yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowidodo dan dihadiri oleh Pejabat tinggi Negara termasuk Gubernur dari berbagai Provinsi serta tamu dari manca Negara.

“Sebenarnya senjata dan amunisi ini sudah lama mereka simpan, karena mereka mengira Papua akan merdeka. Namun, setelah melihat perkembangan dan pelaksanaan PON di Papua, mereka percaya bahwa inilah kebenarannya, bahwa Papua sebenarnya berada di bawah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, kata Jenderal Iwan Setiawan.

Selain itu, penyerahan kedua orang simpatisan itu juga ingin hidup damai tanpa dikejar-kejar aparat.Dengan menyerahkan diri dan barang bukti, mereka tidak lagi merasa was-was dan tidak dikejar-kejar aparat, ujarnya.**

Editor : Vona Tarigan