Iklan

REDAKSI
25 Oktober, 2021, Oktober 25, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-25T21:19:20Z
Daerah

Gubernur Sumut Apresiasi Peran PMI Membantu Masyarakat

MEDAN INDOKOMNEWSTV.COM Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi keberadaan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut yang telah banyak membantu masyarakat. Apalagi saat terjadi bencana pengadaan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Gubernur Sumut (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menghadiri Panitia Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumut untuk masa bakti 2021-2026 oleh Kepala Pusat PMI Jusuf Kalla di Aula Tengku Rizal Nurdin , Gedung Kantor Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Senin (25/10/2021).


Demikian disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menyaksikan pelantikan Majelis Kehormatan dan Pengurus PMI Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Gedung Kantor Gubernur, Jalan Sudirman,Medan, Senin (25/10/2021)

Kata Gubernur, orang yang bekerja di PMI adalah calon penghuni surga. Karena PMI bergerak di bidang kemanusiaan yang selalu membantu masyarakat."Calon-calon PMI ini ahli surga, mengurus orang susah,ucapnya.

Bahkan Edy Rahmayadi juga mengapresiasi Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla yang sudah lama berkecimpung di PMI (Palang Merah Indonesia). 

Begitu juga dengan Ketua PMI Sumut Rahmat Syah."Tidak semua orang bisa terlibat dalam bidang seperti ini", katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla menyampaikan kenangannya mengunjungi Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan, sekitar 10 tahun lalu. 

Menurutnya, saat itu sangat sedikit kegiatan donor darah di Medan. Namun, kini situasinya berbeda, pendonor semakin banyak digandeng oleh berbagai instansi, dengan fasilitas pendukung yang lebih lengkap.

"10 tahun yang lalu saya berkunjung ke Kota Medan, melihat unit donor darah, saya melihat begitu sedikit (stok darah) sehingga calo beroperasi di rumah sakit, saya katakan jangan hanya negara orang Medan, di mana darah Medan?, kenang Jusuf Kalla.

Selain itu, kata Jusuf Kalla, PMI hadir di setiap kesulitan masyarakat, seperti pandemi Covid-19. PMI tidak pernah berhenti bersinergi dengan pemerintah dalam membantu penanganan Covid-19.

Baik itu mengampanyekan, penyediaan peralatan, pembersihan, semua itu berjalan selama bencana datang, katanya.

PMI juga memiliki persaudaraan di seluruh dunia. Menurut Jusuf Kalla, setiap orang akan saling membantu saat dibutuhkan. "Itu salah satu organisasi yang bersinergi di seluruh dunia",kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI Pusat melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus Besar PMI Sumut. 

Mereka yang dilantik antara lain Ketua Majelis Kehormatan Hasballah Thaib, Ketua PMI Sumut Rahmat Syah,Bendahara Al Amin Syahputra dan Wakil Ketua Sahyan Asmara.

Turut hadir Kapolda Sumut RZ Panca Putra, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah yang juga Ketua PMI Kota Medan. 

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada H Anif (Mussanif) atas kontribusinya dalam bidang kemanusiaan.

Usai dilantik, Kepala PMI Sumut Rahmat Shah menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang telah berkontribusi bagi kemajuan PMI yang bergerak di bidang kemanusiaan. 

"Alhamdulillah ini Pak Edy (Edy Rahmayadi) dan Wakil Gubernur (Musa Rajekshah) atas kepeduliannya terhadap kemanusiaan, sekali lagi kami ucapkan terima kasih, kata Rahmat.** (Irwan Ginting)