Iklan

REDAKSI
02 Oktober, 2021, Oktober 02, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-05T23:47:56Z
Internasional

Pemimpin Kudeta Guinea Dilantik Jadi Presiden

INDOKOMNEWSTV.Com Pemimpin kudeta militer Guinea Mamady Doumbouya dilantik sebagai Presiden,Jumat (01/10) waktu setempat.

AFP melaporkan bahwa Doumbouya dilantik oleh Jaksa Agung Guinea, Mamadou Sylla, sebagai Presiden sementara untuk masa jabatan yang belum ditentukan.

Selama upacara pelabtikan, Doumbouya berjanji akan menghormati komitmen mereka kepada dunia untuk mempersiapkan masa depan Guinea yang beradab.

Doumbouya bersumpah bahwa baik dia maupun anggota junta militer lainnya tidak akan mengadakan pemilihan umum dalam masa transisi ini.

Bahkan dirinya mengatakan akan fokus pada pemerintahannya untuk "membentuk kembali negara" dengan merancang konstitusi baru.

"Memberantas korupsi, mereformasi sistem pemilihan dan membangun pemilihan umum yang bebas, kredibel, dan transparan."

Doumbouya mengambil alih setelah kudeta terhadap Presiden Alpha Conde pada tanggal 5 September kemarin.

Conde adalah presiden Guinea pertama yang dipilih secara demokratis melalui pemilihan umum pada 2010. Kemudian dia terpilih kembali dalam pemilihan 2015.

Popularitas Conde mulai meningkat sejak tahun lalu.diman pada saat itu, ia mengesahkan konstitusi kontroversial yang dibuat untuk dapat mencalonkan diri sebagai presiden lagi untuk ketiga kalinya.**