Iklan

REDAKSI
09 Oktober, 2021, Oktober 09, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-14T08:20:56Z
Nasional

Walikota Medan Pastikan Percepatan Vaksinasi Bagi Pelajar

MEDAN INDOKOMNEWSTV.Com Walikota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan,Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk siswa di SMP Negeri 40 Jl Kelambir Lima, kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Rabu 6 Oktober 2021

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan percepatan vaksinasi bagi siswa khususnya siswa berusia 12 tahun ke atas agar dapat segera melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Sesampainya di SMP Negeri 40 Medan, Bobby Nasution dan Ny Kahiyang Ayu langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi dan menyempatkan diri berbincang dengan siswa yang mengantri untuk mendapatkan vaksin. 

Ditargetkan sebanyak ,5.000 siswa per hari akan mendapat suntikan vaksin, guna mencapai target yang ditetapkan untuk dimulainya PTM.

Bobby Nasution menjelaskan, secara aturan Kota Medan sudah bisa menyelenggarakan PTM sejak PPKM turun ke level 3. Namun karena jumlah siswa baru yang divaksinasi belum mencapai target, pelaksanaan PTM masih ditunda. 

Saat itu dari 105.000 siswa yang dapat divaksinasi, hanya sekitar 4.000 orang siswa yang divaksinasi. Hal ini dikarenakan pada waktu di level 4 tidak berani memvaksinasi siswa.

"Alhamdulillah sekarang kita turun ke level Dua.Saya minta dalam waktu dua minggu, jumlah siswa yang divaksinasi minimal 20 persen. Jika 20 persen dari jumlah siswa dapat divaksinasi, maka saya berani mengizinkannya PTM, kata Bobby Nasution.

Bobby Nasution menambahkan, saat ini 50.000 siswa sedang divaksinasi, atau hampir 50 persen. Jumlah ini akan terus bertambah dengan target 5.000 pelajar mendapatkan dosis vaksin setiap hari. Oleh karena itu, dalam waktu dekat PTM dapat dilaksanakan di kota Medan.

Sesuai aturan Medan, PTM sudah diperbolehkan, kemarin dengan izin gubernur juga diperbolehkan. Instruksi Mendagri, pelaksanaan PTM harus dilihat dari zona regional. Untuk SMP Negeri 40 bisa masuk zona hijau,kata Bobby Nasution.

Lebih lanjut, Bobby Nasution juga memastikan fasilitas Protokol Kesehatan di masing-masing sekolah dapat mencegah penyebaran virus Covid-19. Untuk SMP Bobby Nasution, fasilitas Prokes sudah diperiksa.

Terakhir, Bobby Nasution mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka akan diikuti bagi siswa yang telah divaksinasi.Bagi mereka yang belum, mereka dapat mengambil pelajaran secara daring.PTM akan dilakukan secara hybrid, luring dan daring. 

Satu Kls hanya  diperbolehkan 8 orang atau maksimal 10 orang, yang lain dapat bergabung secara daring. Kami prioritaskan yang sudah divaksin,kata Bobby Nasution didampingi Pj.Dinas Pendidikan ,Topan Obaja Putra Ginting.

Kepala SMP Negeri 40 Medan, Asmiati mengatakan,vaksinasi hari ini berjalan dengan lancar.Antusiasme siswa untuk mendapatkan vaksin sangat besar.Dari siswa tersebut ,50% dari 40 siswa SMP negeri telah divaksinasi,jelasnya.(Red)**

Editor : Vona Tarigan