Iklan

REDAKSI
24 November, 2021, November 24, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-24T13:38:39Z
Nasional

Ketua DPRD SU Baskami Ginting Dukung 10 Program PWI Lima Tahun Kedepan

MEDAN INDOKOMNEWSTV.COM Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendukung penuh 10 program PWI Sumut dalam Lima tahun ke depan, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (wartawan) agar lebih profesional dan berkualitas di bidang jurnalistik tentunya dengan anggaran yang maksimal.

Dukungan tersebut disampaikan Baskami Ginting saat menerima audiensi kepengurusan PWI Sumut periode 2021-2026 yang dipimpin Ketua Terpilih PWI Sumut H Farianda Putra Sinik dan panitia pelantikan kepengurusan PWI Sumut, Rabu (11 /24/2021) di ruang kerjanya di gedung DPRD Sumut.

Baskami Ginting mengakui program PWI Sumut untuk lima tahun ke depan harus didukung dengan anggaran yang maksimal. Untuk itu, pengurus PWI Sumut harus lebih aktif mengkomunikasikan masalah bantuan anggaran, baik kepada eksekutif maupun legislatif. 

"Soal dukungan anggaran. Kita tidak akan kurangi tapi akan ditambah. Untuk itu rekan-rekan wartawan di PWI Sumut sudah menyampaikan, agar bisa dialokasikan ke pos anggaran yang mana," kata Baskami.

Saat menerima audiensi dengan pengurus PWI Sumut, Baskami Ginting mengaku tersanjung dengan kunjungan wartawan PWI, karena sejak menjadi ketua DPRD Sumut,baru dikunjungi organisasi wartawan.

"Saya tidak ada apa-apanya tanpa wartawan, karena semua kegiatan yang kita lakukan tidak akan diketahui, jika kita tidak dipublikasan wartwan" kata politisi PDI-P yang mengakui sempat repot dengan banyaknya wartawan saat ini yang tidak dikenal".

Dalam audiensi tersebut, Baskami Ginting, anggota dewan dari daerah pemilihan Sumut II (Kota Medan), akan menghadiri pelantikan pengurus PWI Sumut untuk periode 2021-2026."Saya akan berusaha hadir di acara pelantikan nanti, karena wartawan di bawah PWI adalah teman saya dan juga DPRD Sumut," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut periode 2021-2026, Farianda Putra Sinik menyatakan dipercaya menjadi ketua PWI Sumut untuk 5 tahun ke depan dengan 10 program, 1-8 program peningkatan SDM.sumber daya. nara sumber/wartawan di bidang pendidikan. Kemudian untuk perlindungan jurnalis dan kesejahteraan jurnalis.

Untuk melaksanakan 10 program tersebut, lanjut Farianda Putra Sinik yang didampingi oleh wakil ketua yang juga ketua panitia Rifki Heritage, Austin Angkasa Tumengkol, Sugiatmo, Riza Mulyadi, Hartati Rangkuti, Amrizal SH, Laswiyati Wakid, setiap organisasi termasuk PWI membutuhkan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sumatera. DPRD Sumut dan DPRD Sumut yang memiliki fungsi anggaran.

“Program kami tidak akan berjalan, jika tidak ada anggaran. Untuk meningkatkan kemampuan jurnalis, dibutuhkan pendidikan dan pendidikan yang membutuhkan anggaran yang besar. 

Semoga apa yang telah kita programkan, termasuk peningkatan pendidikan jurnalis yang berkarakter dan beretika, dapat dilaksanakan. Wartawan juga butuh perlindungan. Untuk itu, PWI Sumut telah membentuk lembaga bantuan hukum bagi jurnalis yang bermasalah dengan hukum,” tambah Farianda.

Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Pengurus PWI Sumut Periode 2021-2026, Rifli Heritage juga menyampaikan, kegiatan yang akan dilakukan tidak hanya pelantikan pengurus PWI Sumut pasca konferda pemilihan 23 Oktober 2021, tetapi juga bakti sosial dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru bagi wartawan PWI beragama. Kristen.**(Irwan Ginting)