Iklan

REDAKSI
16 November, 2021, November 16, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-15T23:08:46Z
Nasional

Terima Kunjungan Menlu Selandia Baru, Presiden Serahkan Tas Noken Papua

JAKARTA,INDOKOMNEWSTV.COMP Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Nanaia Mahuta di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 15 November 2021. 

Selandia Baru adalah mitra penting Indonesia di Pasifik."Terima kasih atas dukungan Selandia Baru terhadap Pacific Exposition ke-2 yang digelar secara virtual, ujar Jokowi dilansir dari siaran pers di laman resmi Sekretariat Kabinet.

Dalam pertemuan tersebut ,Presiden juga menyampaikan kemajuan pembangunan di Papua sehingga masyarakat Papua bisa menikmati kesejahteraan,”kata Presiden.

Sebagai gambaran, sejumlah pembangunan infrastruktur masif telah dilakukan, antara lain Jalan Trans Papua sepanjang 3.422 kilometer, Jalan Perbatasan Papua 1.098 kilometer, dan Jembatan Youtefa sepanjang 1,3 kilometer,kata Presiden.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Menlu Mahuta ke luar negeri sebagai Menteri Luar Negeri Selandia Baru.

Menurut Menlu Retno, Indonesia dan Selandia Baru telah menjalin kemitraan yang komprehensif sejak 2018. 

Kemitraan ini menjadi landasan yang kuat dalam upaya kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama, termasuk di masa sulit di tengah pandemi Covid-19.

"Tentunya kemitraan tersebut dilandasi dengan prinsip saling menguntungkan, saling menghormati, serta menghargai dan kedaulatan serta integritas wilayah,” kata Menlu Retno.

Di akhir pertemuan tersebut, Presiden menyerahkan cinderamata berupa tas noken yang baru saja dibeli Presiden dari kunjungan terakhirnya di Papua.**