Iklan

REDAKSI
09 Februari, 2022, Februari 09, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-09T11:06:35Z
Nasional

Hindari Pungli, Jajaran Dukcapil Diminta Jaga Integritas

BANDUNG | INDOKOMNEWSTV.COM Jajaran Dukcapil diminta untuk selalu menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya dalam kegiatan pelayanan publik termasuk Pungutan Liar (Pungli).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian

Demikian disampaikan Tito Karnavian dalam keterangan persnya usai membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2022 di Bandung, Selasa (08/02/2022).

K̲e̲m̲a̲j̲u̲a̲n̲ s̲i̲s̲t̲e̲m̲ y̲a̲n̲g̲ d̲i̲b̲a̲n̲g̲u̲n̲ D̲u̲k̲c̲a̲p̲i̲l̲ h̲a̲r̲u̲s̲ d̲i̲i̲m̲b̲a̲n̲g̲i̲ d̲e̲n̲g̲a̲n̲ p̲e̲n̲y̲e̲s̲u̲a̲i̲a̲n̲ d̲e̲n̲g̲a̲n̲ b̲u̲d̲a̲y̲a̲ k̲e̲r̲j̲a̲ y̲a̲n̲g̲ b̲a̲i̲k̲.

“P̲e̲l̲a̲y̲a̲n̲a̲n̲ a̲d̲m̲i̲n̲i̲s̲t̲r̲a̲s̲i̲ k̲e̲p̲e̲n̲d̲u̲d̲u̲k̲a̲n̲ h̲a̲r̲u̲s̲ b̲e̲b̲a̲s̲ d̲a̲r̲i̲ p̲r̲a̲k̲t̲i̲k̲ p̲u̲n̲g̲l̲i̲”

Mendagri mengaku tak segan-segan menindak tegas setiap pelanggaran yang dilakukan, termasuk pungli dalam pengelolaan administrasi kependudukan.

"S̲a̲y̲a̲ p̲a̲s̲t̲i̲ a̲k̲a̲n̲ m̲e̲n̲i̲n̲d̲a̲k̲ t̲e̲g̲a̲s̲ j̲i̲k̲a̲ m̲a̲s̲i̲h̲ a̲d̲a̲ p̲u̲n̲g̲u̲t̲a̲n̲ t̲e̲r̲h̲a̲d̲a̲p̲ P̲u̲n̲g̲l̲i̲, s̲a̲y̲a̲ a̲k̲a̲n̲ k̲i̲r̲i̲m̲k̲a̲n̲ t̲i̲m̲ u̲n̲t̲u̲k̲ m̲e̲n̲g̲e̲c̲e̲k̲",ucapnya.

Kita berharap budaya dan paradigma lama ini harus dibersihkan, sehingga jajaran dukcapil dari pusat hingga daerah mendapat citra positif di mata masyarakat, pungkas** (Leodepari)

Editor : Vona Terigan
Rilies Puspen Kemendagri